Tips Rekaman Kamera CCTV Anda Hilang..

06/04/2014 15:32


Rekaman Kamera CCTV Anda Hilang  ? Cari Tahu Cara Mengatasinya disini !
Terkadang beberapa gambar yang dihasilkan dari kamera CCTV lewat monitor tidak dapat menampilkan gambar yang semestinya seperti video loss / gambar yang tertangkap kamera CCTV tidak menyala. Lalu jika hal itu terjadi bagaimana cara mengatasinya? 
 
Berikut berbagai penyebab kamera mati dan cara mengatasinya:

 

Sudahkah Cek Power Supply atau Adaptor?

Cek Power Supply atau Adaptor

 

Hal pertama yang perlu Anda cek adalah sumber listrik dari kamera CCTV itu sendiri yakni adaptor atau power supply, jika adaptor atau power supply mati maka otomatis kamera CCTV pun tidak dapat berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengecek kondisi dari adaptor atau power supply tersebut apakah masih menyala atau mati agar dapat mengecek dengan baik sebaiknya menggunkan alat yang bernama avometer. Apabila Anda menemukan adaptor dalam kondisi mati maka Anda dapat langsung menggantinya dengan yang baru.

Apakah Kamera CCTV Mati atau Rusak?

Terkadang masalah yang terjadi disebabkan dari kamera CCTV itu sendiri karena dalam keadaan mati atau rusak karena itu secara otomatis gambar yang dihasilkan dari DVR ke monitor juga akan ikut mati. Untuk masalah ini Anda dapat memperbaiki kamera CCTV tersebut tetapi sebaiknya Anda menggantinya dengan kamera yang baru agar tampilan gambar lebih maksimal.
 

Bagaiamana Jika DVR Mati atau Rusak?

DVR adalah salah satu bagian utama dari kamera CCTV. Jika DVR tidak berfungsi maka sistemnya pun tidak dapat berjalan dengan baik. Jika penyebabnya adalah karena DVR mati atau rusak, Anda dapat memperbaiki DVRnya atau menggantinya dengan yang baru. Pastikan perawatan DVR dilakukan secara rutin.

Bila Port Konektor Rusak...

Ketika Anda sudah mengecek semua yang diatas tetapi tidak ada yang bermasalah dan tetap saja masih ada video loss atau gambar yang ditayangkan mati maka segera lakukan pengecekan terhadap Port Konektor yang terdapat pada DVR. Pengecekan dapat dilakukan dengan cara memindahkan ke port lain yang dapat berfungsi dengan baik. Jika Port konektor rusak, Anda dapat memindahkan ke port lain yang masih kosong.

Cek Kabel CCTV Anda. !

 

Jika tetap saja terjadi video loss atau gambar yang ditayangkan hilang maka kemungkinan besar masalah terjadi karena kabel CCTV ada yang putus. Penyebab kabel putus bermacam-macam dari dimakan tikus, atau sampai kualitas dari mutu kabel itu sendiri yang rendah dan dapat terjadi karena banyak faktor. Anda dapat menggantinya dengan yang baru dengan kualitas dan mutu yang bagus.